A journal & some non-philosophical thoughts of a simply imperfect human..



Satu Muharram


E-mail this post



Remember me (?)





Tadi sore, kebetulan saat makan sore saya sempat menonton TransTV yang meliput berbagai perayaan tahun baru Islam di beberapa daerah.

Bagi Solo, malam 1 suro / menyambut tahun baru Islam ini merupakan malam 'sakral'. Rutinitas mengeluarkan kerbau pirang atau kerbau bule dengan puluhan pusaka yang dipertontonkan kepada ribuan warga menjadi hal yang ditunggu-tunggu bahkan 'dikejar' umat islam dari penjuru Indonesia. Konon kerbau dan pusaka tersebut diharapkan bisa membawa ridzki dan kesejahteraan bagi mereka. Ribuan orang berkumpul mengharapkan mendapat 'cepretan' ridzki dan berkah.

Di Surabaya, onta yang biasanya hanya dipajang di kebun binatang, pada 1 Muharram, beberapa onta tersebut dikeluarkan dari kandangnya dan ikut berpawai keliling kota sebagai simbol untuk menggambarkan pada saat Rasulullah melakukan hijrah.

Bahkan, salah satu film Indonesia mengidentikkan malam 1 suro dengan malam yang penuh mistik dan berkesan menyeramkan dengan ikon sundel bolongnya..hiiiiiiiiiiiiyyyyyy

Bisa juga, Muharram ini diartikan sebagai hari biasa saja, sama halnya dengan hari-hari lain.. Selain tanggalan merah, hari indah untuk berlibur dan melepaskan diri sejenak dari rutinitas.

Bagi saya, tahun baru Islam ini merupakan awal dimana adanya perubahan dan pembukaan buku baru untuk meneruskan kehidupan di tahun-tahun kedepan. Saya sendiri belum pernah 'merayakan' tahun baru Islam ini dengan kegiatan islami.. sampai tadi malam. Dengan ke Bandung, merasakan suasana desa yang masih kental sekali hawa 'islami' nya.. tadi malam (atau lebih tepatnya pagi) saya berkumpul dengan saudara2 seiman untuk berdoa bersama, mengkaji diri dan diberikan pencerahan untuk dapat melangkah sebagai manusia yang lebih baik ke depan nanti..

Selamat tahun baru islam.
Semoga lembaran baru di tahun baru ini bisa dipenuhi dengan berbagai amal kebaikan dan keikhlasan hati dalam menghadapi segala sesuatu yang diberikan ke kita semua.. Amin.

Entah apa arti Muharram bagi umat Islam lainnya..
Lain kepala, lain ajaran, lain pula maknanya.


2 Responses to “Satu Muharram”

  1. Anonymous feha 

    semoga di tahun baru ini tingkat smokingnya bisa menurun bahkan hilang hehehe.... :)

    maklum gue kan penganut anti merokok :D

  2. Anonymous nunik 

    Ya ampun, Cichaaaa..hahahaha..iya ya..kok postingan kita ini mirippp... wahh, baru kenal tapi kita udah sehati ya?

>>Click here to Post Your comments..!<<

 

About me

  • I'm Annisa M. Zakir
  • From Jakarta, Indonesia
  • I'm Cicha, a married woman who's just a person like all of you, but a simple one.. A person who'is currently enjoying her life and slowly finding the word living and family life means. Who haven't satisfied enough for what she had achieved right now. So, she's only human.. who never get enough of everything.. (Didn't we all??) Personally, I'm a person who respects people in many ways..I 'see' others as who they really are!! :) I'm incredibly sensitive in certain ways, can be silly sometimes, perfectionist minded & a total empathizer! DVD-MOVIE FREAK..and music maniac!
  • My profile

Search here

Previous posts

Archives

My Related Links

My Top Sites

Other Bloggers

My Pictures

    www.flickr.com
    This is a Flickr badge showing public photos from cichaz. Make your own badge here.

Shout your words!


IT News

We Joined Blogfam

Let's do it !